Selasa, 16 Mei 2023

Daftar Sekolah Kedinasan 2022, Ini Pilihan Prodi dan Instansi Asalnya

 

Jakarta - Pendaftaran sekolah kedinasan 2022 dibuka mulai 9 - 30 April 2022. Pendaftar bisa memilih salah satu dari 26 sekolah kedinasan yang tergabung di Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan 2022. Calon mahasiswa yang diterima di sekolah kedinasan tersebut bisa mendapat pembebasan biaya kuliah dan penempatan kerja di kementerian dan lembaga pemerintahan.

Tahun ini, sekolah kedinasan yang tergabung dalam portal seleksi dikdin.bkn.go.id terdiri dari kampus politeknik dan dan sekolah tinggi di bawah Kementerian Hukum dan HAM hingga Badan Intelijen Negara. Berikut daftar sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran lewat Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan 2022.

Daftar Sekolah Kedinasan 2022 :

1. Politeknik Statistika STIS, Badan Pusat Statistik

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) memiliki prodi D3 dan D4 Statistika serta D4 Komputasi Statistik. Kampus STIS berada di Bidara Cina, Jakarta Timur. Berdasarkan seleksi tahun lalu, lulusan D3 STIS akan menjadi calon Aparatur Sipil Negara (CASN) golongan II/c dan bertugas di BPS se-Indonesia. Sementara itu, lulusan D4 STIS mendapat golongan III/a dan bertugas baik di BPS, kementerian, lembaga, maupun instansi lainnya se-Indonesia.

2. Poltek SSN, Badan Siber dan Sandi Negara

Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN) memiliki prodi Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Kampus Poltek SSN terletak di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

3. Poltekip, Kementerian Hukum dan HAM

Politeknik Ilmu Pemasyarakaran (Poltekip) menawarkan prodi D4 Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan. Pada seleksi calon taruna (catar) Kemenkumham tahun lalu, taruna Poltekip akan ditempatkan di Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh wilayah Indonesia setelah lulus.

4. Poltekim, Kementerian Hukum dan HAM

Politeknik Keimigrasian (Poltekim) membuka prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian. Pada seleksi calon taruna tahun lalu, lulusan Poltekim akan ditempatkan di Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Indonesia dalam jabatan Analis Keimigrasian.

5. IPDN, Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menawarkan studi di Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat. Sejumlah prodi di IPDN di antaranya yaitu D4 Studi Kebijakan Publik, D4 Politik Indonesia Terapan, D4 Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, prodi Pemerintahan Daerah, MSDM-SP (Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik), prodi Keuangan Publik, dan prodi Teknologi Rekayasa Ilmu Pemerintahan.

6. STIN, Badan Intelijen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) memiliki prodi S1 Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. Taruna STIN mendapat gratis biaya kuliah, asrama, konsumsi, seragam, dan diangkat jadi CPNS setelah kuliah. Jika ingin meneruskan pendidikan, STIN juga membuka program Magister Terapan Intelijen Medik Chemistry dan Nuclear Hazard serta Biological Hazard, Intelijen Medik, Teknologidan Cyber, Intelijen Ekonomi, Kajian Intelijen, dan S3 Analisis Strategi Intelijen.

7. PKN STAN, Kementerian Keuangan

PKN STAN menawarkan D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Aset Publik. Lulusan D4 PKN STAN bisa diangkat menjadi CPNS Kementerian Keuangan atau kementerian lain, lembaga, dan pemda sesuai formasi atau kebutuhan yang tersdia di tahun bersangkutan. Perlu diketahui, PKN STAN menerapkan sistem gugur bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap semester. Mahasiswa yang terkena drop out (DO) tersebut dilarang mendaftar lagi di STAN.

8. PTDI STTD dan Institusi Pendidikan Tinggi Lain, Kementerian Perhubungan

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Sekolat Tinggi Transportasi Darat (STTD) membuka prodi D4 Transportasi Darat, D3 Manajemen Transportasi Jalan, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Lulusan PTDI STTD dapat ditempatkan sesuai disiplin ilmu di seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman Dikdin BKN, sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan juga mencakup:

- Politeknik Transportasi Darat Indonesia

- Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

- Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal

- Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang

- Politeknik Transportasi Darat Bali

- Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

- Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

- Politeknik Pelayaran Surabaya

- Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

- Politeknik Pelayaran Sumatra Barat

- Politeknik Pelayaran Banten

- Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

- Politeknik Pelayaran Barombong

- Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

- Politeknik Penerbangan Medan

- Politeknik Penerbangan Surabaya

- Politeknik Penerbangan Makassar

- Politeknik Penerbangan Jayapura

Sudah siap-siap daftar sekolah kedinasan 2022 di dikdin.bkn.go.id, detikers? Semoga berhasil!




0 komentar:

Posting Komentar